Rumor dari Sony: Mulai Kerjakan Emulator PS3 untuk PlayStation 5!

Impian Gamer PS3 Jadi Kenyataan? Sony Dikabarkan Kembangkan Emulator untuk PS5!
Sumber :
  • tokopedia

Sony sedang dalam tahap pengembangan emulator khusus PS3 untuk PlayStation 5, demikian bocoran yang disampaikan oleh insider Shpeshal_Nick dalam podcast terbaru XboxEra.

Menurut bocoran tersebut, Sony tengah fokus menghadirkan kompatibilitas mundur (backward compatibility) untuk "beberapa" game PS3 di PS5. Namun, tidak semua game PS3 diperkirakan akan bisa dimainkan, mirip dengan program kompatibilitas Xbox 360 ke Xbox One dan Xbox Series X/S yang diterapkan Microsoft.

Belum ada informasi detail mengenai tambahan fitur seperti peningkatan frame rate (FPS boost). Informasi yang tersedia hanya sebatas pengerjaan Sony terhadap emulator PS3 khusus untuk PS5.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Jeff Grubb dari Giant Bomb, yang sebelumnya mendengar kabar bahwa Sony sedang mengembangkan emulator PS3 sendiri. "Rumor ini sudah beredar cukup lama.

Saya awalnya mengira akan diumumkan awal tahun ini, namun ternyata tidak. Tetapi bukan berarti proyek ini tidak akan terlaksana di masa mendatang," kata Grubb dalam acara Giant Bomb's Game Mess Mornings pada 24 Juni.

Para gamer PlayStation sudah lama menantikan kemungkinan adanya kompatibilitas mundur untuk game PS3. Meskipun game-game tersebut dapat di-streaming melalui PS Plus, pengalaman bermain secara langsung tentu memiliki perbedaan tersendiri.

Tidak hanya itu, masalah performa streaming juga seringkali menjadi kendala. Walaupun belum ada emulator PS3 yang dirilis, Sony tetap memperbarui koleksi game lama dalam katalog PS Plus.

Mereka baru-baru ini menambahkan Trophy ke beberapa game PS1, PS2, dan PSP dalam PS Plus Classics, termasuk game Sly Cooper and the Thievius Racoonus dari Sucker Punch yang dirilis untuk PS2.